Juli 3, 2024 | News Coverage

Memajukan Industri Kayu: Groundbreaking Pabrik Pelet Kayu

Wujud Komitmen Terhadap Keberlanjutan dan Efisiensi Energi.

INDONESIA, Batang, 19 Juni 2024 – PT Sumber Graha Sejahtera (Sampoerna Kayoe) mengadakan groundbreaking pabrik Java Wood Pellet di atas lahan seluas 5,2 hektar, yang merupakan pabrik kayu pelet terbesar di Indonesia. Acara ini menjadi milestone bagi perusahaan dalam memperkuat komitmen terhadap keberlanjutan dan efisiensi energi.

Andrew Wardoyo Direktur Manajemen Rantai Pasok PT Sumber Graha Sejahtera menyatakan bahwa pabrik ini akan memanfaatkan Hutan Rakyat (HR) sebagai sumber bahan baku. Inisiatif ini mendukung pengelolaan hutan berkelanjutan oleh masyarakat setempat, selaras dengan prinsip Sustainable Tomorrow Starts Today. “Pabrik Java Wood Pellet akan menjadi inovasi dalam industri kayu di Indonesia, mendorong kesejahteraan komunitas lokal dan memastikan masa depan yang lebih hijau,” ujarnya.

Kepala Divisi Manajemen Kinerja dan Peningkatan Srategis, Alvin Puspowidjono menekankan bahwa pabrik ini, dengan kapasitas produksi 250.000 metrik ton per tahun, akan memenuhi kebutuhan pasar global, terutama Jepang dengan standar Japanese Industrial Standard I2. “Kami menggunakan sumber daya lokal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang tidak hanya menekan biaya logistik tetapi juga memberi dampak positif bagi ekonomi lokal,” ujarnya. Produksi diharapkan dimulai pada September 2024.

Pabrik ini dirancang untuk memproduksi wood pellet berkualitas tinggi dengan kapasitas besar, menggabungkan teknologi modern dan praktik ramah lingkungan. Fasilitas ini akan menggunakan bahan baku kayu sengon serta limbah kayu dari pabrik plywood, dengan mesin canggih dari Eropa untuk memastikan standar kualitas internasional.

“Pabrik ini tidak hanya akan menjadi pusat produksi wood pellet, tetapi juga simbol nyata komitmen kami terhadap keberlanjutan lingkungan. Kami mengintegrasikan teknologi seperti biopori, sistem penangkapan air hujan, dan solar panel untuk memaksimalkan efisiensi energi dan penggunaan sumber daya air,” ujar Simon Sindhu Hendrajaja selaku Kepala Divisi Teknik dan Peningkatan Berkelanjutan.

PT Sumber Graha Sejahtera berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memproduksi kayu olahan berkualitas tinggi serta menjaga keberlanjutan hutan di Indonesia. Hal ini selaras dengan komitmen negara – negara di dunia untuk beralih menggunakan energi dari yang berbasis fosil ke energi terbarukan ramah lingkungan, dimana target global dalam mencapat target karbon netral atau net zero emission (NZE) tahun 2050. Melalui ekspansi pasar globalnya, perusahaan ini berharap dapat menjadi salah satu kontributor utama dalam pertumbuhan industri kayu olahan dan pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia.

Sesuai dengan tagline Sustainable Tomorrow Starts Today Sampoerna Kayoe percaya bahwa apapun yang kita lakukan hari ini akan menentukan hari esok. Inilah pemilikiran yang mendorong komitmen Sampoerna Kayoe untuk melestarikan bumi, menjaga masa depan, dan lingkungan kita.

×

WhatsApp

×